Beberapa perintah CMD yang sering digunakan

  • Post Author:
  • Post Category:Blog

Command Prompt/CMD adalah aplikasi command line interpreter yang tersedia di sebagian besar sistem operasi Windows. Ini digunakan untuk menjalankan perintah yang dimasukkan. Sebagian besar dari perintah itu mengotomatiskan tugas-tugas melalui skrip dan batch files, melakukan fungsi administrasi tingkat lanjut, dan memecahkan masalah atau memecahkan beberapa jenis masalah Windows.

Kode CMD juga Seringkali digunakan oleh para cracker untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda. Bagi anda yang sering aktif di dunia maya, anda harus ekstra hati hati. Selalu aktifkan windows firewall supaya komputer anda tidak mudah untuk ditembus oleh orang orang tidak bertanggung jawab di luar sana. Jika password administrator anda sampai didapatkan oleh mereka, CMD ini bisa menjadi salah satu jalan untuk melakukan peretasan terhadap komputer anda.

Apa saja code CMD dan bagaimana cara menggunakannya ?
Berikut beberapa code cmd yang sering digunakan dan bagaimana cara menggunakannya

Ping

Perintah ping dapat digunakan untuk menguji apakah host tertentu dapat dijangkau di jaringan IP, jadi perintah ping dapat digunakan untuk mengecek kestabilan koneksi suatu jaringan.Untuk menggunakan perintah ping pada Command Prompt/CMD, ketik ping url/ip. Misalnya kalian ingin melakukan ping ke website google, maka silahkan ketikkan ping www.google.com.

Tracert

Tracert berguna untuk menentukan rute yang diambil oleh paket di jaringan IP. Untuk menggunakan tracert hampir sama dengan menggunakan perintah ping silahkan ketik tracert url/ip.

IpConfig

ipconfig merupakan sebuah perintah yang dapat dituliskan pada jendela CMD untuk mengetahui alamat IP, subnet mask, default gateway, dan lainnya. Alat ini akan sangat berguna dalam mengatasi masalah TCP/IP. Cara menggunakannya mudah, kalian hanya perlu mengetikkan perintah ipconfig pada cmd lalu tekan enter.

FlushDNS

Flush DNS adalah perintah yang digunakan untuk mereset cache DNS client [komputer] yang sedang digunakan untuk menyesuaikan informasi dari perubahan yang terjadi pada suatu domain, nameserver, DNS dengan data baru. Untuk membersihkan DNS cache, kalian dapat menggunakan perintah ipconfig /flushdns pada cmd setelah mengganti DNS server.

Netstat -an

Perintah netstat sangat berguna untuk menampilkan berbagai macam network statistik. Perintah netstat memiliki banyak variasi dan salah satu yang berguna adalah netstat -an yang berfungsi untuk menampilkan daftar network yang terbuka pada jaringan komputer yang kamu miliki.

Sfc /ScanNow

Windows juga memiliki fitur tool system file checker yang bisa membantu untuk memperbaiki Windows dengan memeriksa file yang ada di system Windows. Jika ada file di system Windows yang hilang atau corrupt, tool system file checker akan memperbaikinya. Untuk menggunakan tool system file checker, ketikkan perintah sfc /scannow di command prompt.

Cipher

Perintah cipher digunakan untuk mengatur enkripsi, tetapi juga bisa digunakan untuk membersihkan hardisk atau drive. Perintah ini sering digunakan untuk membersihkan drive secara menyeluruh dan membuat file tidak bisa dikembalikan lagi. Untuk menggunakan perintah tersebut ketikkan cipher /w:(partisi/drive pada HDD): misal, cipher /w:D:

System Info

Perintah systeminfo pada CMD merupakan sebuah perintah yang berfungsi untuk menampilkan informasi konfigurasi system operasi lokal maupun remote system. Perintah ini akan menampilkan Host name local maupun remote, jenis dan versi sistem operasi, product key, versi BIOS, jenis dan model PC/laptop, info processor, dan masih banyak lagi informasi lainnya.

Powercfg -Energy

Perintah powercfg -energy adalah perintah yang cukup penting untuk kalian ingat. Perintah ini digunakan untuk melihat aplikasi atau apapun yang menyebabkan batterai device kamu cepat habis dan melihat permasalahan lainnya.

PowerCFG/BatteryReport

Perintah powercfg/batteryreport pada cmd berfungsi untuk mengetahui keadaan baterai laptop yang kalian gunakan, setelah kalian mengetikkan perintah tersebut pada cmd akan muncul baris (Battery life report saved to C:\Users\Admin\battery-report.html.), baris tersebut berfungsi untuk mengetahui tempat dimana info tentang baterai kalian disimpan dengan format .html, file tersebut berisi info baterai seperti Installed Batteries, Recent Usage, Battery Usage, Usage History, Battery Capacity Histoy, dan Battery Life Estimates.

Itulah beberapa perintah Command Prompt yang sering digunakan pada pengguna Sistem Operasi Windows. Perintah-perintah tersebut akan mempermudah anda dalam melakukan pekerjaan.

Source :
winpoin.com
bagitekno.net