Macam – macam Windows 10

  • Post Author:
  • Post Category:Blog

Windows 10 adalah sebuah sistem operasi terakhir yang di ciptakan oleh microsoft. Tidak ada lagi windows 11 atau windows seterusnya, Bahkan rumor bahwa huruf 10 suatu saat nanti akan dihapus dan hanya dipanggil windows saja.

Mungkin selama kalian menggunakan komputer dengan Windows 10, kalian tidak sadar atau bahkan tidak tahu edisi Windows 10 apa yang dipakai. Mengetahui jenis Windows 10 memang tidak berpengaruh terhadap pekerjaan kalian saat ini, namun dengan mengetahuinya, kalian bisa mengerti seberapa luas dan spesifik Windows 10, khususnya dalam penggunaannya.

Windows 10 memiliki beberapa versi, yaitu sebagai berikut :

Windows 10 Home

Edisi ini mungkin merupakan edisi yang paling banyak dipakai. Bahkan jika anda membeli laptop baru, banyak sekali yang sudah ter-install Windows 10 Home. Edisi ini cocok digunakan untuk konsumen secara umum. Fitur-fitur seperti Cortana sebagai Virtual Assistant, browser baru Microsoft Edge, Continuum untuk tampilan beradaptasi jika menggunakan laptop 2 in 1, Windows Hello untuk masuk ke Windows dengan mudah dengan face recognition, sidik jari, dan pengenalan biometrik lainnya. Edisi ini sangat cocok jika anda hanya menggunakannya untuk penggunaan standar.

Windows 10 Pro

Windows 10 Pro biasanya digunakan oleh para profesional yang membutuhkan suatu fitur khusus untuk menunjang pekerjaan.

Fitur fitur di windows 10 pro sangat lah dibutuhkan disaat kalian bekerja di perusahaan dimana dituntut supaya kalian dapat berkolaborasi dengan karyawan yang lainnya. Beserta fitur fitur tersebut, kalian bisa bekerja lebih cepat dengan adanya fitur fitur khusus tersebut. Jelas semua fitur yang berada di windows 10 home ada di windows 10 pro ini. Saat kalian membutuhkannya, kalian bisa mengupgrade dari windows 10 home ke pro dengan sangat mudah. Langsung open microsoft store lalu kalian cari “Windows 10 Pro”.

Windows 10 Mobile

Windows 10 Mobile merupakan sistem operasi yang digunakan untuk smartphone dan tablet kecil, wimdows 10 mobile biasa di temukan di ponsel lumia. Sebelumnya, microsoft mempunyai windows mobile 7, kemudian di ikuti oleh windows phone 8, dan kemudian muncul yang terakhir yaitu windows 10 mobile.

Adanya fitur Continuum, smartphone dengan Windows 10 Mobile dapat digunakan sebagai mini komputer ketika di pasang di monitor. kalian bisa menggunakannya persis seperti komputer biasa yang menggunakan Windows 10.

Windows 10 IoT ( Internet of Things )

Sesuai dengan namanya, windows 10 IoT digunakan untuk perangkat dengan anggaran yang rendah. Dapat digunakan untuk perangkat berbasis Arduino, Raspberry Pi, dan sejenisnya.

Windows 10 IoT sendiri dibagi menjadi 3 tergantung penggunaan. Ada Windows 10 IoT Core, Windows 10 IoT Enterprise, dan Windows 10 IoT Mobile Enterprise.

Windows 10 Team

Windows 10 Team adalah sistem operasi yang khusus digunakan diperangkat surface hub. Surface hub sendiri yaitu komputer yang mempunyai layar besar dengan ukuran sekitar 55 inch dan 84 inch. Surface Hub hanya dipakai untuk pemakaian berkolaborasi.

Windows 10 Team memiliki keunggulan yaitu bekerja bersama dengan teman kantor menjadi lebih nyaman dan lebih intuitif. Tampilannya hanya sedikit berbeda dengan windows 10 biasa yang sering kita gunakan dan kita tampaknya belum dapat merasakan perangkat ini karena tidak di perjual belikan di Indonesia.

Windows 10 Pro Workstations

Edisi ini bisa dikatakan edisi yang lebih tinggi lagi dari Windows 10 Pro yang sebelumnya sudah di bahas. Diumumkan pada 10 Agustus 2017, Windows 10 Pro Workstations ditujukan untuk penggunaan intensif dan biasanya menggunakan prosesor khusus server. Misalnya saja Intel Xeon, AMD Opteron, atau yang terbaru dari AMD yaitu AMD Epyc.

Karena ditujukan untuk penggunaan intensif, Windows 10 Pro Workstations mendukung komputer dengan spesifikasi seperti prosesor hingga 4 unit, 6 TB RAM, menggunakan ReFS File System (bukan NTFS), mendukung Non-Volatile Dual In-Line Memory Module (NVDIMM), dan Remote Direct Memory Access (RDMA)

Source :
metodeku.com