Perbedaan CPU, GPU, dan APU

  • Post Author:
  • Post Category:Blog

Bagi kalian yang suka merakit komputer, tentu sudah tidak asing dengan istilah CPU, GPU dan APU bukan ? Tetapi sayangnya tidak semua orang mengetahui apa saja perbedaan CPU, GPU dan APU. Malah kebanyakan orang hanya mengetahui tentang CPU saja. Hal inilah yang terkadang membuat seseorang kebingungan apalagi bagi orang awam yang baru mengenal komputer.

Lalu, apa perbedaan antara CPU, GPU, dan APU ? Pada kesempatan kali ini, kami akan membahas ketiga komponen tersebut, agar kalian yang masih bingung dapat memilih komponen yang tepat bagi komputer pertama kalian.

CPU

Untuk melihat perbedaan di antara ketiga komponen ini, Central Processing Unit (CPU) adalah hal yang harus kalian pahami terlebih dahulu. Tugas utama dari CPU adalah menangani hampir semua tugas dan perhitungan yang dilakukan dari semua perangkat keras yang disematkan di dalam sebuah komputer. CPU bisa diibaratkan sebagai otak dari komputer kalian.

Kemampuan CPU dapat diukur dari beberapa faktor. Pertama, seberapa banyak ‘prosesor inti’ dari sebuah prosesor. Umumnya, sebuah prosesor modern hadir dengan minimal dua prosesor inti. Tak jarang mereka memiliki kemampuan Hyper Threading yang membuat satu inti bisa menjalankan dua proses secara stimultan.

Ada juga ukuran kecepatan prosesor yang diukur dalam satuan GigaHertz (GHz). Sebagai contoh, jika CPU memiliki kecepatan sebesar 2,4GHz, maka CPU ini dapat memproses hingga 2,4 miliar instruksi dalam satu detik.

Saat ini, pasar CPU dikuasai dua pabrikan besar, yaitu Intel dan Advanced Micro Devices atau dikenal sebagai AMD

GPU

Hampir sama dengan CPU, Graphic Processing Unit (GPU) juga merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah komputer. Jika CPU memproses semua data yang berhubungan dengan menjalankan instruksi untuk menjalankan sebuah komputer, GPU memproses instruksi yang dikirimkan oleh sebuah software untuk ditampilkan ke layar.

Biasanya, ada dua jenis GPU. Pertama, GPU yang terintegrasi langsung yang sering disebut sebagai GPU diskrit. GPU lain yang harus disematkan ke motherboard biasa disebut GPU eksternal.

Di komputasi modern, GPU tidak hanya menampilkan gambar 2 dimensi, seperti menampilkan GUI dan lainnya. GPU saat ini lebih ditujukan untuk memproses sebuah gambar 3 dimensi, baik di dalam sebuah gim atau dalam sebuah software computer-aided design (CAD). Selain itu, saat ini sebuah GPU juga bisa membuat seseorang dapat masuk ke dalam dunia Virtual Reality (VR).

APU

Accelerated Processing Unit (APU) adalah sebuah prosesor yang memiliki kemampuan ganda. Di dalam sebuah prosesor APU, terdapat inti proses untuk CPU dan GPU secara sekaligus, yang dipisah oleh sirkuit tersendiri.

Hal ini membuat kemampuan GPU yang ada di dalam APU memiliki banyak keterbatasan.

Lalu, mengapa produsen membuat prosesor APU ? Karena CPU dan GPU di tempat yang sama memungkinkan para pengguna akan mendapatkan efisiensi untuk meningkatkan kekuatan pemrosesan.

Selain itu, memiliki GPU dan CPU yang terintegrasi biasanya lebih hemat energi daripada memiliki CPU dan GPU terpisah. Kini, banyak APU modern cukup kuat untuk permainan non-intensif, namun tidak bisa bermain gim ‘triple A’.

Source :
tek.id