Trik Microsoft Office Word untuk Mempermudah dan Mempercepat Pekerjaan

  • Post Author:
  • Post Category:Blog

Sebagai pengguna komputer tentunya sudah sangat familiar dengan program Office Word. Wajar saja karena Office Word usianya memang sudah tua. Bahkan sebelum Windows dirilis Office Word sudah ada. Tepatnya tahun 1983 Office Word sudah hadir dikalangan pengguna komputer. Disamping itu Office Word memang sangat efisien untuk kita gunakan sebagai program pengolah kata. Banyak yang merasa terbantu dengan adanya program yang satu ini. Semua tugas sekolah, kuliah, dan perkantoran bisa terselesaikan dengan hanya menggunakan program Office Word.

Meski sering menggunakan Microsoft Word, namun tentu tidak semua pengguna mampu bekerja dengan efektif dan efisien dalam menyelesaikan pekerjaannya. Hal tersebut mungkin terjadi karena urangnya pengetahuan tentang setiap keguanaan dari semua menu, tombol, dan sebagainya. 

Berikut Trik Microsoft Office Word Untuk Memudahkan Pekerjaan Anda

  • Mengubah Lowercase Ke Uppercase Atau Sebaliknya

Ketika kita ingin mengetik huruf kecil (Lowercase ) di layar kerja Office Word maka kita harus mematikan tombol Caps Lock pada keyboard. Karena jika tombol Caps Lock aktif maka otomatis huruf yang dihasilkan akan menjadi kapital (Uppercase). Lalu bagaimana jika proses pengetikan sudah selesai dan kita ingin mengubah ketikan yang semula huruf kecil menjadi kapital atau sebaliknya? Apakah kita harus menghapus semua ketikan tersebut dan menggantinya dengan huruf yang kita inginkan?

Kita bisa mengubah huruf di Office dari Lowercase ke Uppercase atau sebaliknya dengan mudah dan cepat, yaitu menggunakan keyboard shortcut. Kita hanya membutuhkan dua kombinasi tombol keyboard saja, yaitu tombol Shift dan F3 ditekan secara bersamaan (Shift+F3). Caranya silakan Anda block huruf atau kalimat yang diubah, kemudian tekan shortcut Shift+F3. Ketika pertama huruf kecil semua maka setelah diberi efek Shift+F3 maka huruf awalnya akan menjadi kapital, dan jika ditekan lagi Shift+F3 maka tulisan menjadi kapital semua.

  • Memindahkan Kursor Lebih Cepat

Ketika ingin memindahkan kursor di layar Office Word biasanya kalian menggunakan tombol panah pada keyboard. Atau kalian bisa menggunakan mouse. Namun kalian juga bisa memindahkannya dengan lebih cepat yaitu menggunakan shortcut Shift+F5. Ketika kita menekan Shift+F5 maka kursor mouse akan berpindah cepat ke spot terakhir yang awalnya kita edit. Hal ini sangat berguna ketika jumlah halaman di Office Word sudah banyak. Trik ini akan berfungsi juga walaupun file dokumen Office Word sudah Anda tutup.

  • Memindahkan Ketikan Lebih Cepat

Terkadang saat kalian mengetik di Office Word dan ingin memindahkan text satu kalimat atau lebih ke paragraf yang lain. Cara yang sudah umum dilakukan adalah dengan block tulisan kemudian copy lalu hapus dan paste di tempat yang dimaksud. Ada cara yang lebih cepat untuk memindahkan text atau kalimat, yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl+F3 untuk copy tulisan sekaligus menghapus dan Ctrl+Shift+F3 untuk paste tulisan.

Cara cepat lainnya adalah dengan menggunakan tombol F2. Block tulisan yang ingin dipindah, tekan F2 lalu pindahkan kursor ke lokasi tempat yang dituju dan Enter untuk proses paste

  • Menghilangkan Styling / Convert To Plain Text

Terkadang kita ingin menghilangkan styling atau efek-efek tertentu di layar kerja Office Word seperti efek bold, italic, underline, font syle, font size, dan sebagainya. Jika jumlah styling tersebut sedikit tentu kita bisa menghilangkannya secara manual, misal menghilangkan efek bold (tulisan tebal) maka bisa mem-block tulisan lalu klik Bold atau Ctrl+B. Namun bagaimana jika styling tersebut jumlahnya banyak? Cara cepatnya Anda bisa menggunakan shortcut Ctrl+Spacebar atau bisa juga dengan menekan Ctrl+Shift+N. Sebelum menggunakan shortcut kalian harus mem-block dulu text yang akan diubah atau dihilangkan stylingnya.

  • Mengcopy Hanya Format Text

Dengan menggunakan shortcut tertentu kita bisa melakukan copy paste hanya pada format textnya saja. Setelah di block tulisan yang akan diambil formatnya, tekan Ctrl+Shift+C untuk proses copy kemudian block juga ketikan yang akan diberi efek format lalu tekan Ctrl+Shift+V untuk proses paste.

  • Mengulang Perintah Terakhir

Biasanya ketika ingin mengulang perintah terakhir di Office Word kalian dapat menggunakan fitur Undo atau keyboard shortcutnya adalah Ctrl+Z. Untuk mengulang perintah terakhir tersebut kalian juga bisa menekan tombol F4 di keybaord.

  • Membuat Automatic Page Break

Apa yang Anda lakukan ketika ingin membuat sebuah page break di layar kerja Office Word? Apakah dengan menekan Enter secara terus menerus hingga membentuk sebuah page break? Cara tersebut memang juga bisa membuat page break. Namun masalahnya jika membuat page break dengan cara tersebut ketika Anda mengedit halaman diatasnya maka secara otomatis halaman selanjutnya akan berubah. Ada cara lain dalam membuat automatic page break, yaitu dengan menggunakan shortcut Ctrl+Enter.

  • Memperbesar/Memperkecil Text Secara Cepat

Hal yang biasa dilakukan ketika ingin mengubah ukuran huruf di layar kerja Office Word adalah ketika text sudah ter-block maka memilih Font Size yang posisinya berdampingan dengan Font Syle. Ada cara yang lebih cepat dalam mengubah ukuran huruf ini tanpa harus lompat ke Font Size. Caranya yaitu block text yang akan diubah ukurannya kemudian tekan Ctrl+Shift+> untuk memperbesar dan Ctrl+Shift+< untuk memperkecil.

Source :
info-menarik.net